Selasa, 27 Juli 2010

Beberapa tips merawat hamster melahirkan & menyusui

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa cara merawat hamster yang baru melahirkan dan menyusui.

MASA HAMIL
Masa hamil hamster yaitu 10-14 hari. Hamster betina yang hamil akan terlihat membuncit pada bagian perut. Pada masa hamil muda memang tidak terlihat membesar perutnya, perut hamster baru terlihat membesar & buncit pada 4-3 hari sebelum akhirnya dia melahirkan. Jadi kalau hamster Anda terlihat membesar perutnya maka segera ganti serbuk kayunya dengan yang bersih, karena dalam kurun waktu 4-3 hari kemudian dia akan melahirkan. Pada masa hamil, hamster betina akan makan dan minum lebih banyak dari biasanya.
Untuk menjaga induk dan janin hamster itu tetap sehat, beri makanan yang mengandung protein tinggi seperti kacang kedelai, kacang hijau, tahu / tofu, biji-bijian, dan sayuran (wortel & buncis) untuk menambah asupan air dalam tubuh.
Biasanya kalau ada hamster yang hamil, saya beri susu kedelai 2 hari sekali agar induk kuat saat melahirkan.

MASA MELAHIRKAN
Biasanya hamster yang akan melahirkan akan mondar-mandir gelisah dalam kandangnya, kalau hamster sudah menunjukkan indikasi tersebut maka segera pisahkan dari hamster lainnya dan pindahkan ke kandang untuk melahirkan. Kandang untuk melahirkan haruslah nyaman dan tidak membuat stress si hamster, yaitu tertutup dindingnya sehingga membuat kesan gelap / remang2 karena di habitat aslinya hamster melahirkan di bawah tanah yang memiliki nuansa remang-remang / gelap.
Namun tidak semua hamster akan mondar-mandir gelisah dalam kandang. Saya punya beberapa hamster yang justru tidak banyak bergerak ketika akan melahirkan. Hal ini disebabkan karena janin bayi hamster dalam perutnya berjumlah banyak sehingga perutnya menjadi terlalu berat dan membatasi geraknya.
Hamster tidak membutuhkan bantuan manusia untuk melahirkan karena dia akan melahirkan sendiri. Bayi-bayi yang dilahirkan bisa berjumlah 4 - 12 ekor. Bayi-bayi akan dierami oleh induknya supaya tetap hangat dan bisa menyusu.
Bila hamster sudah melahirkan bayinya, jangan pernah mengganti alas serbuk kayu. Bila serbuk kayu sudah kotor maka biarkan dulu sampai bayi-bayi hamster bisa makan sendiri.
Terkadang ada induk yang memakan bayi-bayinya. Hal ini disebabkan karena induk stress. Supaya tidak stress maka yang dilakukan adalah:
1. Kandang haruslah tertutup dindingnya supaya menimbulkan kesan gelap & nyaman.
2. Jangan mengganti serbuk kayu (sudah saya jelaskan di atas)
3. Beri makanan & minum yang cukup bagi induk seupaya ia tidak memakan bayinya karena kelaparan.
4. Jangan sering dilihat & jangan dipegang baik induk maupun bayinya karena nanti baunya berubah menjadi bau manusia sehingga induk menganggap bayinya sebagai musuh hingga kemudian memakannya.
5. Bisa jadi bayinya cacat lahir (karena kawin silang hamster beda jenis) sehingga induk memutuskan untuk memakan bayinya yang cacat itu. Oleh karena itu saya himbau disini JANGAN PERNAH mengawinkan silang antar jenis hamster karena menyebabkan kelainan gen pada bayi hamster sehingga menyebabkan kecacatan (mandul, buta, letal, dll).

MASA MENYUSUI
Induk hamster akan menyusui bayinya dalam kurun waktu 3 minggu - 1 bulan hingga bayinya tumbuh besar dan bisa makan sendiri. Menu yang cocok untuk induk menyusui adalah makanan yang mengandung banyak air seperti wortel, tahu & jagung manis. Bisa ditambah dengan biji-bijian dan kuaci. Apabila makanan tidak mengandung air maka bisa disediakan minum air dengan botol khusus hamster. Hal ini diperlukan supaya ASI induknya deras untuk bayinya. Pada masa menyusui juga jangan mengganti alas serbuk kayunya. Bila bayi sudah tumbuh besar & bisa makan sendiri (tidak menyusui lagi) maka bisa dipisah dari induknya untuk hidup mandiri.

Selamat beternak hamster ya,,,! ^^

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. mau tanya!! hamster campbell saya sekarang sedang ngelahirkan tpi kok cuma satu anaknya apa belom keluar semua?:s

    BalasHapus
  3. apakah boleh memandikan induk hamster setelah melahirkan??

    BalasHapus
  4. nice info,,
    hams ane jga dh bbrapa kali melahirkan tapi yg hidup antara 3-4 hams saja,, heu
    semanagat bternak hams,,
    salam citcitcit:-D

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  6. hamster saya baru melahirkan td pagi..dn saya bru memisahkan si jantan jga td pg apakah itu jntn sudh memakan sbagian anknya??

    BalasHapus